Pj Bupati OKI Dorong Percepatan Pembangunan SPAM Air Sugihan melalui Kementerian PUPR


Kayuagung - Penjabat (Pj) Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), Asmar Wijaya, mengambil langkah proaktif dengan mendatangi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) guna mempercepat pembangunan Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) di Kecamatan Air Sugihan, OKI. Pertemuan berlangsung pada Rabu (16/10), didampingi oleh kepala OPD terkait, Camat, dan Ketua Forum Kepala Desa Air Sugihan.

Dalam audiensinya dengan jajaran Direktorat Air Minum Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Asmar menyampaikan pentingnya percepatan pembangunan SPAM Air Sugihan agar masyarakat setempat segera mendapatkan akses air bersih.

"Sejak kawasan trans Air Sugihan dibuka, masyarakat di sana belum pernah merasakan air bersih. Sekitar 38 ribu jiwa menunggu realisasi program ini," ungkap Asmar.

Pj. Bupati Asmar menjelaskan bahwa inisiatif pembangunan SPAM Air Sugihan pertama kali diinisiasi oleh Bupati OKI, Iskandar, dan didorong oleh Anggota Komisi V DPR RI, Ishak Mekki, saat rapat dengar pendapat dengan Menteri PUPR.

"Kami datang ke sini untuk memastikan bahwa rencana pembangunan SPAM Air Sugihan sudah masuk dalam perencanaan Kementerian PUPR tahun depan," tegas Asmar.

Pemkab OKI telah menandatangani MoU dengan PT OKI Pulp mengenai penyediaan air baku dan pembangunan intake untuk mendukung SPAM Air Sugihan. Ketersediaan lahan dari PT SAML juga turut memperkuat daya dukung pembangunan ini.

"Ketersediaan intake dari PT OKI Pulp dan lahan dari PT SAML merupakan dukungan penting bagi pembangunan SPAM Air Sugihan," tambahnya.

Menanggapi hal ini, Beben Rahyadi, Kasubdit Perencanaan Direktorat Air Minum Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, mengonfirmasi bahwa usulan pembangunan SPAM Air Sugihan telah diterima sejak 2023 dan menjadi perhatian khusus Menteri PUPR.

"Proposal usulan telah kami terima tahun lalu dan menjadi pembahasan saat Rapat Dengar Pendapat dengan DPR RI pada September lalu," ungkap Beben.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa Kementerian PUPR akan membahas secara teknis usulan pembangunan SPAM Air Sugihan untuk dapat dimasukkan dalam agenda pembangunan tahun 2025 mendatang.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.