Kakek Amrin Kini Lebih Nyaman Tinggal di Rumah Berkat Bantuan Pemkab OKI dan Baznas


Kayuagung - Senyum bahagia terpancar di wajah Kakek Amrin (72), warga Desa Pematang Buluran, Kecamatan Sirah Padang, Ogan Komering Ilir (OKI). Setelah bertahun-tahun khawatir rumahnya akan ambruk, kini Kakek Amrin bisa tinggal dengan lebih nyaman berkat bantuan perbaikan rumah dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) OKI.

Sebelumnya, rumah berdinding daun rumbia milik Amrin sering bocor saat hujan deras. Kondisi kayu yang keropos membuatnya khawatir, terutama karena dapurnya sudah sempat roboh.

"Kalau hujan, air masuk semua ke dalam rumah. Banyak kayu yang sudah keropos," ujar Kakek Amrin saat bercerita kepada Pj Bupati OKI, Asmar Wijaya, di Pematang Buluran, Jumat (18/10).

Tinggal sendiri di rumah sederhana, Kakek Amrin mengandalkan penghasilan sebagai buruh tani dan membantu warga yang punya hajatan. "Cukuplah untuk tambahan beli gula dan beras," tambahnya.

Kepala Desa Pematang Buluran, Zaina, S.Pd, menjelaskan bahwa Kakek Amrin telah menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa selama beberapa tahun. Bantuan perbaikan rumah pun sudah lama diusulkan, dan bukan sekadar karena sempat viral.

Pj Bupati OKI, Asmar Wijaya, menegaskan komitmen Pemkab OKI untuk menyelesaikan masalah Rumah Tidak Layak Huni (RTHLH) di wilayahnya melalui APBD, Baznas, dan bantuan pihak swasta. "Perangkat desa harus responsif dalam membantu, termasuk dari Dana Desa," ujarnya.

Asmar juga mengajak masyarakat bergotong royong memperbaiki rumah Kakek Amrin, dengan target penyelesaian dalam 20 hari. "Kalau dikerjakan bersama-sama, insya Allah cepat selesai," tambahnya.

Amrin yang bersyukur menerima bantuan tersebut, hanya bisa mengucapkan terima kasih. Kini, ia bisa tinggal di rumah yang layak huni dan lebih nyaman.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.