Peringati HUT ke-79, PMI OKI Gelar Bakti Sosial Donor Darah



Kayuagung - Dalam rangka memperingati HUT ke-79 Palang Merah Indonesia (PMI), PMI Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menggelar aksi bakti sosial donor darah di Sekretariat PMI Kabupaten OKI, Jumat (27/09/24). Kegiatan ini menargetkan pengumpulan 50 kantong darah dari peserta yang berasal dari berbagai elemen masyarakat.

Ketua PMI Kabupaten OKI, Sirni Lestari, saat ditemui di sela-sela acara, menyampaikan bahwa kegiatan donor darah ini terbuka untuk umum. "Kita mengundang seluruh elemen masyarakat. Target kami adalah 50 kantong darah, dan insyaallah akan terpenuhi," ujar Sirni optimis.

Namun, Sirni juga menyoroti tantangan yang kerap dihadapi PMI OKI dalam memenuhi kebutuhan stok darah. "Setiap tahun, pada periode Januari hingga April, kami mengalami kesulitan dalam menggelar kegiatan donor darah karena kekosongan anggaran. Biasanya, anggaran dari APBD baru cair pada bulan April atau Mei. Hal ini menyebabkan kendala yang berulang setiap tahun, mengingat PMI sangat bergantung pada APBD," jelasnya.

Sirni menambahkan bahwa untuk meningkatkan pelayanan PMI di Kabupaten OKI, pihaknya membutuhkan tambahan petugas dan peralatan medis. "Kami memerlukan dukungan dari pemerintah daerah karena pengadaan tenaga tambahan, gedung, serta alat kesehatan membutuhkan biaya yang cukup besar, mencapai miliaran rupiah," tambahnya.

Dalam kegiatan donor darah tersebut, Ketua PWI OKI, Idham Syarief, juga turut menjadi pendonor. "Bagi saya, donor darah bukan hanya demi kesehatan, tapi juga sebagai rutinitas yang saya jalani. Hari ini saya ingin turut memeriahkan HUT ke-79 PMI dan membantu masyarakat yang membutuhkan darah agar mereka tidak kesulitan mencarinya," ungkap Ata sapaan akrabnya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk aktif mendonorkan darah. "Bagi yang memenuhi syarat, ayo mulai mendonorkan darah. Setetes darah kita sangat berarti bagi yang membutuhkan. Setelah donor, badan akan terasa lebih segar dan ringan. Yang sudah pernah donor, pasti akan merasakan manfaatnya," imbuhnya.


Salah satu peserta donor darah, Marpani, warga Tugumulyo yang telah mendonorkan darah sebanyak 56 kali, juga mendapatkan piagam penghargaan yang diserahkan langsung oleh Ketua PMI OKI, Sirni Lestari. Marpani yang rutin mendonorkan darah setiap tiga bulan sekali sejak tahun 2004 mengungkapkan rasa syukurnya atas kesehatan yang masih ia nikmati hingga hari ini.

"Saya mulai rutin donor darah sejak usia 40 tahun, dan kini, di usia 58 tahun, alhamdulillah saya masih sehat dan bisa terus mendonorkan darah," tutur Marpani. Ia pun mengajak masyarakat untuk tidak takut mendonorkan darah. "Donor darah itu menyehatkan. Jangan khawatir, Allah akan memberikan kebaikan bagi kita. Ikhlas, sabar, rendah hati, dan jujur—Insya Allah, kita akan selalu diberi kesehatan," ujarnya penuh keyakinan.

Dengan adanya kegiatan bakti sosial ini, PMI Kabupaten OKI berharap semakin banyak masyarakat yang tergerak untuk menjadi pendonor darah, demi membantu sesama yang membutuhkan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.