45 Anggota DPRD OKI Resmi Dilantik, Pj. Bupati Asmar Wijaya Tekankan Kepentingan Publik di Atas Segalanya


Kayuagung -  Sebanyak 45 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang terpilih dalam Pemilu Serentak 2024 resmi dilantik dan diambil sumpah dalam Rapat Paripurna Masa Persidangan Pertama Tahun Sidang 2024-2025. Prosesi pelantikan berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten OKI, Rabu (18/09/2024).

Dalam sambutannya, Penjabat (Pj) Bupati OKI, Asmar Wijaya, menekankan pentingnya anggota DPRD untuk memprioritaskan kepentingan publik di atas kepentingan pribadi maupun golongan. "Sebesar apapun kepentingan Partai Politik asal saudara, hendaknya tempatkanlah kepentingan publik di atas segalanya. Dalam menjalankan tugas, saudara diawasi oleh penegak hukum serta lembaga pengawas seperti KPK, BPK, BPKP, dan lainnya," ujar Asmar.

Asmar juga mengingatkan bahwa DPRD merupakan mitra kepala daerah dalam mengefektifkan pemerintahan melalui pola kemitraan yang bersifat check and balance. "Pola kemitraan ini penting untuk mengefektifkan penyelenggaraan pemerintahan sehingga tercipta kesinambungan pemerintahan daerah," katanya.

Selain itu, Asmar mengapresiasi pelaksanaan Pemilu 2024 yang berlangsung dengan tertib dan lancar. Menurutnya, hal ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk penyelenggara, Pemda, KPU, aparat keamanan, dan seluruh elemen masyarakat. "Kita patut berbangga, demokrasi di Indonesia berjalan dengan baik dan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak konstitusionalnya sangat tinggi," ungkap Asmar.

Asmar juga mengajak anggota DPRD yang baru dilantik untuk turut serta dalam menyukseskan Pilkada serentak yang akan digelar pada November mendatang. "Suksesnya Pemilu 2024 menjadi tolak ukur kesuksesan Pilkada serentak. Kami berharap DPRD dapat memberikan dukungan penuh dalam kebijakan yang mendukung pelaksanaannya," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Sementara DPRD Kabupaten OKI, Farid Sasongko, mengajak seluruh anggota DPRD yang terpilih untuk bekerja bersama-sama demi memajukan Kabupaten OKI. "Kedepannya, kita akan terus bekerja bersama-sama untuk membangun OKI semakin maju dengan menampung semua aspirasi dari rakyat," kata Farid.

Ia juga berpesan kepada para anggota DPRD agar bekerja sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing, serta membuka ruang bagi masyarakat untuk memberikan masukan dan kritikan. "Saya berharap seluruh anggota yang dilantik dapat bekerja dengan baik, dan kepada rakyat, jangan ragu memberikan masukan serta kritikan, karena kami siap untuk menampungnya," tutup Farid.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.