Inspektorat OKI Gelar Bimtek Penyusunan RKA Berbasis SPID Melalui Aplikasi E-Reviu


Kayuagung - Dalam upaya meningkatkan kapasitas dan akurasi perencanaan anggaran, Inspektorat Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) berbasis Sistem Pengawasan Internal Daerah (SPID) menggunakan aplikasi E-Reviu. Kegiatan ini berlangsung di Palembang dan diikuti oleh 57 peserta dari Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Kabupaten OKI, Jumat (30/8).

Pj Bupati OKI melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Alexsander Bastomi, S.P., M.Si., menyampaikan bahwa Bimtek ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas perencanaan dan pengelolaan anggaran di Kabupaten OKI. "Dengan penerapan SPID dan aplikasi E-Reviu, kita dapat memastikan anggaran yang disusun lebih transparan, akuntabel, dan tepat sasaran," ujar Alex.

Alexsander juga menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi antarinstansi pemerintah dalam menerapkan hasil Bimtek ini ke dalam tugas sehari-hari. "Saya berharap para peserta dapat menguasai teknik-teknik yang diajarkan dan menerapkannya secara efektif. Aplikasi E-Reviu akan mempermudah proses review dan evaluasi anggaran secara elektronik, sehingga mempercepat penyusunan dan pengawasan anggaran di Kabupaten OKI," tambahnya.

Inspektur Kabupaten OKI, H. Syaparudin, SP, M.Si., CGCAE, juga mengungkapkan harapannya bahwa Bimtek ini akan meningkatkan kualitas penyusunan dokumen perencanaan anggaran berbasis elektronik dengan menjamin konsistensi dan keterpaduan antara perencanaan dan penganggaran, sehingga menghasilkan APBD yang lebih berkualitas, efektif, dan efisien.

"Selain itu, Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan pengembangan profesionalisme SDM APIP, sehingga mereka dapat fokus pada pembinaan dan pengawasan perangkat daerah sejak tahap perencanaan hingga pelaksanaan kegiatan," tambah Syaparudin.

Lebih lanjut, melalui Zoom, Brigjen Pol. Rustam Mansur, S.I.K., Inspektur I Itjen Kemendagri, menekankan pentingnya penerapan SPID dalam pengawasan anggaran daerah. "SPID adalah langkah strategis untuk mengoptimalkan pengawasan anggaran agar sesuai dengan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik," tutupnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.