Pj Bupati OKI Raih Penghargaan Lencana Bakti Inovasi Desa di TTG Nusantara XXV


Kayuagung -Dalam puncak acara Gelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) Nusantara XXV di Mataram, Nusa Tenggara Barat pada 15 Juli 2024, Pj Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), Ir. Asmar Wijaya, M.Si., dianugerahi penghargaan Lencana Bakti Inovasi Desa oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) RI, Prof. Dr. (HC) Abdul Halim Iskandar, M.Pd.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas kontribusi dan kerja keras Pj Bupati Asmar dalam membina pengembangan teknologi tepat guna (TTG) dan inovasi desa, yang berdampak signifikan dalam meningkatkan Indeks Desa Membangun (IDM) di Ogan Komering Ilir.

"Penghargaan ini adalah hasil kerja keras dan dedikasi bersama seluruh elemen masyarakat, terutama masyarakat desa di Kabupaten OKI," ungkap Asmar Wijaya. "Berbagai program dan kebijakan strategis telah diluncurkan untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat desa dalam menciptakan solusi-solusi inovatif yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi lokal."

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten OKI, Arie Mulawarman, menjelaskan bahwa Teknologi Tepat Guna merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan Indeks Desa Membangun (IDM). "Penilaiannya diukur dari 80 indikator, antara lain infrastruktur, pendidikan, kesehatan, ekonomi, lingkungan, penanggulangan bencana, dan lainnya. Ketika desa-desa kita meningkatkan pembangunan di sektor tersebut, IDM-nya meningkat," jelas Arie.

Arie mengungkapkan rasa syukurnya karena OKI termasuk salah satu kabupaten yang mengalami peningkatan IDM cukup signifikan tiap tahunnya. Ia juga menilai bahwa tujuan utama dari IDM dan upaya meningkatkan status Desa Maju dan Mandiri adalah untuk kesejahteraan masyarakat, kemajuan ekonomi, peningkatan kesehatan, dan penataan infrastruktur.

“Penghargaan ini sebenarnya menjadi bonus sebagai bukti hasil kerja keras. Di sisi lain, tujuan utamanya adalah untuk kesejahteraan masyarakat, kemajuan ekonomi, kesehatan, dan infrastruktur yang harus ditata,” tandas Arie.

Dengan penghargaan ini, Kabupaten OKI menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendorong inovasi dan pembangunan desa, yang diharapkan dapat membawa dampak positif bagi kesejahteraan seluruh masyarakat di wilayah tersebut.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.