Pemkab OKI Gelar Lomba Balita Sehat 2024 untuk Tingkatkan Kesadaran Kesehatan dan Gizi Anak


Kayuagung - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), melalui Dinas Kesehatan dan Tim Penggerak PKK Kabupaten OKI, menggelar Lomba Balita Sehat Tingkat Kabupaten OKI Tahun 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan, gizi, tumbuh kembang anak, serta mewujudkan generasi emas di Kabupaten OKI.

Lomba Balita Sehat Indonesia tingkat Kabupaten OKI ini diikuti oleh 36 peserta balita dari 18 kecamatan. Masing-masing kecamatan mengirimkan dua balita untuk mengikuti dua kategori lomba berdasarkan kelompok usia, yaitu 6-24 bulan dan 2-5 tahun.

Pj. Bupati OKI, Asmar Wijaya, yang diwakili oleh Pj. Sekda OKI, Muhammad Refly, menyampaikan bahwa kegiatan lomba balita ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian dalam memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk bermain, bersenang-senang, dan mengukir prestasi. "Lomba balita sehat sebagai bentuk upaya untuk menginterpretasikan betapa besarnya peran para orang tua dan keluarga untuk mewujudkan tingkat kesehatan dan kecerdasan anak," ujar Refly pada gelaran Lomba Balita Sehat di Pendopo Kabupaten OKI, Jumat (26/07/2024).

Refly juga menekankan bahwa kesehatan bayi dan balita sangat dipengaruhi oleh asupan makanan dan nutrisi yang cukup serta perawatan yang baik. "Bayi dan balita yang sehat ditandai dengan berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala yang sesuai dengan usianya," ungkap Refly.

Pj. Ketua TP PKK OKI, Sukmawati Asmar, menyampaikan bahwa Lomba Balita Sehat ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi dan tumbuh kembang anak. "Melalui lomba ini, kita berharap dapat memotivasi para orang tua untuk memberikan asuhan dan perawatan yang terbaik bagi anak-anak mereka. Oleh karena itu, kegiatan Lomba Balita Indonesia Tingkat Kabupaten OKI Tahun 2024 ini merupakan momen yang sangat tepat sebagai sarana pembelajaran tentang manfaat dari sebuah generasi sehat," pungkas Sukma.

Sukma juga menekankan bahwa masa depan sebuah bangsa ada pada anak-anak balita, sehingga mereka harus disiapkan menjadi generasi muda yang berkualitas. "Menyiapkan generasi muda yang berkualitas karena masa balita disebut masa keemasan. Anak-anak ini adalah calon generasi bangsa yang tumbuh dan berkembang. Harapan kita semua, kegiatan ini menjadi salah satu keberhasilan tumbuh kembang balita secara optimal," ungkap Sukma.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat semakin sadar akan pentingnya peran gizi dan perawatan dalam mendukung tumbuh kembang anak-anak, sehingga dapat mewujudkan generasi emas yang sehat dan cerdas di Kabupaten OKI.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.