Kejari OKI Laksanakan Bedah Rumah dalam Rangka Hari Bakti Adhyaksa

Dalam rangka memperingati Hari Bakti Adhyaksa ke 64, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melaksanakan program bedah rumah bagi masyarakat yang membutuhkan. Salah satu rumah yang mendapatkan bantuan adalah milik Rita Lisnawati di Dusun VI, Desa Celikah, Kecamatan Kayuagung, OKI, pada Rabu (17/07/24).

Acara peletakan batu pertama bedah rumah ini dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Pj Bupati OKI Ir. Asmar Wijaya, M.Si., yang diwakili oleh Pj Sekda OKI M. Refly Ms, S.Sos, MM., Kepala Kejari OKI Hendri Hanafi, SH.,MH., Kapolres OKI AKBP Hendrawan Susanto, SH. Sik., Asisten II Setda OKI H.M. Lubis, Skm. M.Kes., Kepala BPN OKI Joni Efendi, SH., M.Kn., Dandim OKI Letkol Inf Yontri Bhakti, SH.MH., serta jajaran Kepala OPD Kab OKI, Kepala Baznas OKI Davidson, S.Pdi., dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Kepala Baznas OKI Davidson, S.Pdi., menyampaikan bahwa program bedah rumah ini merupakan wujud nyata kepedulian Kejari OKI terhadap masyarakat. "Melalui wasilah dari Allah dan inisiatif Kejari OKI, Baznas OKI dapat memulai progres bedah rumah meski semester satu ada sedikit kendala. Bedah rumah ini adalah perdana tahun 2024 dan direncanakan akan ada sepuluh unit rumah yang dibedah," ujar Davidson.

Davidson juga mengapresiasi dukungan dari Pemkab OKI dan berbagai pihak lainnya. "Dengan dukungan Pemkab OKI, mudah-mudahan semuanya dapat terealisasi. Terima kasih juga kepada jajaran Dinas PRKP OKI yang telah membantu membuatkan RAB. Bedah rumah ini sekaligus menjadi laporan dan realisasi Baznas OKI atas dana yang dikelola," tambahnya.

Kepala Kejari OKI Hendri Hanafi, SH. MH., dalam sambutannya mengungkapkan bahwa ide bedah rumah ini muncul saat dirinya pertama kali melihat kondisi rumah Rita Lisnawati yang tidak layak huni. "Kami langsung berkoordinasi dengan berbagai pihak sehingga hari ini bisa melakukan peletakan batu pertama bedah rumah. Terima kasih atas dukungan semua pihak dalam pelaksanaan bedah rumah ini," ucap Hendri.

Hendri juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam penyempurnaan bedah rumah ini. "Silahkan masyarakat sekitar jika ingin menambah bantuan, satu sak semen atau satu gerobak pasir untuk penyempurnaan pembangunan rumah ini," ajaknya.

Pj Sekda OKI M. Refly Ms, S.Sos. MM., yang mewakili Pj Bupati OKI mengapresiasi Kejari OKI atas terlaksananya program bedah rumah ini. "Atas nama Pemkab OKI, saya mengapresiasi Kejari OKI yang telah bekerja sama dengan Baznas OKI dan bersinergi dengan stakeholder terkait atas pelaksanaan kegiatan bedah rumah tidak layak huni dalam rangka peringatan Hari Bakti Adhyaksa. Kegiatan ini bisa menjadi pemantik semangat satu sama lain untuk saling membantu," ujar Refli.

Refly berharap bahwa program ini dapat membantu mustahik sehingga mereka bisa hidup dengan lebih nyaman. "Dengan adanya kegiatan ini, para mustahik dapat terbantu dan bisa hidup dengan nyaman karena memiliki rumah yang layak. Semoga korps kejaksaan semakin jaya, berintegritas, berdedikasi, dan dicintai masyarakat," tambahnya.

Saat diwawancara seusai acara Kajari menyampaikan Selain program bedah rumah, dalam rangka peringatan Hari Bakti Adhyaksa, Kejari OKI juga melakukan berbagai kegiatan sosial lainnya seperti donor darah, memberikan santunan kepada anak yatim piatu dan kaum duafa, serta kunjungan kepada keluarga yang sedang tertimpa kemalangan.

Hendri Hanafi juga menyampaikan bahwa pemilik rumah yang dibedah mendapatkan sertifikat dari BPN secara gratis, yang bisa dijadikan agunan untuk modal usaha. "Dengan adanya bantuan ini, kami berharap dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat sehingga menjadi lebih sejahtera dan meningkatkan kepatuhan terhadap hukum," tutup Hendri.

Sementara Rita Lisnawati Saat diwawancara Menyampaikan Ucapan Terima Kasih Kepada Kepala Kejari OKI atas Bantuan Bedah Rumah yang telah diberikan.

"Terima kasih kepada Bapak Hendri Hanafi dan juga kepada pihak lain yang telah terlibat dalam pembedahan Rumah kami ini."

Pada akhir acara, dilakukan juga pemberian bantuan sembako kepada pemilik rumah yang dibedah.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.