40 Calon Paskibraka Kabupaten OKI Mulai Pemusatan Pelatihan di Hotel Cipta Kayuagung


Kayuagung - Sebanyak 40 orang Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Capaska) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) telah memulai pemusatan Pendidikan dan Pelatihan di Hotel Cipta Kayuagung. Pelatihan ini berlangsung dari tanggal 29 Juli hingga 17 Agustus 2024, bertepatan dengan upacara pengibaran bendera pada HUT Kemerdekaan Indonesia ke-79. Kegiatan ini diawali dengan upacara Tantingan Memasuki Perkampungan Desa Bahagia Paskibraka Duta Pancasila 2024.

Setelah melakukan registrasi, ke-40 Capaska langsung menuju Hotel Cipta Kayuagung dengan membawa koper, tas, dan ember, tempat mereka akan tinggal selama dua minggu.

Pj. Bupati OKI, melalui Kaban Kesbangpol Irawan Sulaiman, menjelaskan bahwa peserta Capaska ini adalah putra-putri terbaik dari seluruh kecamatan di Kabupaten OKI. "40 orang ini berasal dari berbagai SMA di 18 kecamatan yang ada di OKI. Mereka adalah putra-putri terbaik yang dimiliki Kabupaten OKI. Kami sangat berharap, mereka dapat mengikuti pelatihan dengan baik dan sukses dalam upacara pengibaran serta penurunan bendera pada 17 Agustus mendatang," terang Irawan.

Selama pemusatan pelatihan, para Capaska akan dikenalkan dengan lingkungan yang dinamai Kampung Desa Bahagia, di mana mereka akan dididik berdasarkan nilai-nilai Pancasila. "40 Capaska ini akan masuk ke Kampung Desa Bahagia. Maka peserta wajib melakukan interaksi sosial dengan sesama peserta dan panitia dengan bahagia serta menerapkan nilai-nilai Pancasila," lanjutnya.

Selain di Hotel Cipta, para Capaska juga akan menjalani pelatihan di Halaman Kantor Bupati OKI untuk melatih mental dan fisik serta baris-berbaris. "Pemusatan pelatihan ini bertujuan untuk melatih fisik dan mental calon Paskibraka yang akan bertugas sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Merah Putih pada peringatan HUT kemerdekaan Indonesia ke-79 tingkat Kabupaten OKI pada tanggal 17 Agustus 2024 mendatang," pungkas Irawan.

Dengan pelatihan intensif ini, diharapkan para Capaska dapat menjalankan tugasnya dengan baik pada upacara pengibaran dan penurunan bendera, serta menjadi duta Pancasila yang berprestasi dan berintegritas tinggi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.