Jemaah Haji OKI Tinggalkan Mekkah Menuju Madinah

KAYUAGUNG RADIO - Setelah hampir satu bulan berada di kota Mekkah Al Mukarommah tiba saatnya jammah haji OKI mengakhiri sisa perjalanan ibadah haji nya menuju ke Kota Madinah Al Munawah. Tepat pukul 18.10 was tanggal 6 nopember 2013, bus yang membawa jamaah haji oki diberangkatkan dari penginapan di Misfalah.
Bagi para jamaah haji, waktu satu bulan terasa singkat, sangat wajar karena para jamaah mengisi waktunya dengan aktivitas ibadah di Masjidil Harom, baik melaksanakan sholat lima waktu dan sholat sholat sunat lainnya maupun, tawaf ifadah, tawaf-tawaf sunnat, dan umroh-umroh sunnat.
Tampak para jamaah bergerak ke Masjidil Harom, ada yang dengan cara berjalan kaki ataupun naik angkutan umum,  memang untuk wilayah penginapan nomor 701 tempat jamaah oki menginap tidak tersedia bus angkutan, karena terkategori dekat. Mereka berangkat ke masjid secara berkelompok atau perorangan. Demikian juga untuk kegiatan umroh sunnat, jamaah terlihat sangat antusias, baik berombongan ataupun umroh sendiri-sendiri. Bahkan ada jamaah yang melakukan umroh sunat lebih dari 7 kali, baik atasnamanya sendiri maupun mengumrohkan orang tua dan keluarga terdekat yang telah meninggal dunia, dengan mengambil miqot di Tan im, ji'rona, dan hudaibiyah.
Disamping aktivitas di masjid, kegiatan juga diisi dengan ziarah atau kunjungan ke tempat-tempat bersejarah, jabal nur, gua hira, dan jabal ramah, serta yang lazim dan istimewa adalah aktivitas belanja untuk oleh-oleh pulang ke tanah air, untuk keluarga tercinta, tetangga dan kerabat lainnya.
Persoalan makan selama di Mekkah tidak ada kesulitan bagi jamaah karena di sekitar penginapan ada orang indonesia yang berjualan makanan khas indonesia, nasi lauk pauk dan sayur bahkan kerupuk pun ada dijual. Meskipun demikian terdapat beberapa orang baik secara kelompok maupun perorangan yang memasak nasi dan lauk sendiri, seperti rombongan pedamaran, mereka masak dan makan sendiri, kompak dan riang gembira.
Persoalan kesehatan jamaah haji kabupaten OKI boleh dikatakan cukup baik. Memang sebagian besar terserang batuk dan flu. Tapi itu penyakit biasa "langganan" jamaah haji. Sampai dengan keberangkatan ke madinah, masih terdapat satu orang jamaah haji oki atas nama ibu darwaty yang tinggal di Mekkah, masih dirawat di rumah sakit BPHI.
Jamaah haji kabupaten OKI cukup beruntung karena jarak hotel ke masjid Nabawi dekat hanya sekitar 150 meter. Sehingga hal ini sangat membantu jamaah untuk melaksanakan sholat 5 waktu di masjid, utk mencapai sholat 40 waktu di masjid Nabawi atau yang dikenal dengan "arbain".
Menurut jadwal, jamaah kloter R
Laporan : Edward Chandra
 
 
 
Diberdayakan oleh Blogger.