Rambut, indikator kesehatan terbaru


KAYUAGUNG RADIO - Sebagian besar dari kita menilai bahwa rambut adalah anggota tubuh yang tidak ada kaitannya dengan kesehatan tubuh. Namun tahukah Anda bahwa rambut dapat menjadi indikator untuk memberitahu kondisi kesehatan tubuh Anda?


Dilansir dari huffingtonpost.com, umumnya manusia memiliki 4 jenis masalah rambut.



Rambut kering dan lemas
Apabila rambut Anda kering dan lemas, bisa jadi hal ini bukan disebabkan oleh berbagai macam hair styling yang Anda lakukan. Rambut kering dan lemas dapat menjadi indikator bahwa Anda mengalami hipotiroidisme atau kelenjar tiroid Anda tidak terlalu aktif dalam memproduksi hormon. Hipotiroidisme akan membuat metabolisme Anda melambat, berat badan melonjak, dan kelelahan.



Rambut berketombe
Banyak orang yang berpikiran bahwa ketombe hanyalah masalah kulit kepala biasa dan dapat diobati dengan sampo anti ketombe. Namun Anda patut waspada apabila ketombe Anda bersisik tebal karena ini dapat mengindikasikan bahwa Anda mengalami psoriasis dimana menyerang kekebalan tubuh yang berhubungan dengan kemampuan kulit untuk beregenerasi.



Rambut rontok
Normalnya jumlah rambut rontok dalam sehari adalah sekitar 100 helai. Namun apabila Anda mengalami kerontokan lebih dari 100 , hal ini juga bisa jadi gejala lain dari hipotiroidisme atau tanda dari ketidakseimbangan hormon. Selain ketidakseimbangan hormon, efek samping dari pil KB dan obat antidepresan juga dapat menyebabkan kerontokan rambut.



Ternyata rambut dapat menjadi indikator terbaru Anda dalam memantau kesehatan tubuh Anda. Oleh karena itu perhatikanlah kesehatan rambut Anda agar Anda dapat mendeteksi secara dini penyakit yang berpotensi menyerang Anda.



Sumber : merdeka.com
Diberdayakan oleh Blogger.