Membuat Puding Cantik Berbentuk Telur Ceplok

KAYUAGUNG RADIO - Bulan puasa datang sebentar lagi. Anda pasti sudah memutar otak untuk mencari resep aneka menu sahur dan berbuka, termasuk kudapan takjil ketika waktu berbuka tiba. Puding telur ceplok bisa jadi pilihan untuk menu takjil favorit. Puding cantik berbentuk telur ceplok ini mudah kok membuatnya.Yuk bikin kejutan untuk keluarga, ternyata telurnya rasa puding legit dan manis!

Bahan:
Adonan Putih
1/2 bungkus agar-agar plain
75 ml SKM, tambahkan air sampai menjadi 400ml.
Adonan Kuning
1/2bungkus agar-agar plain
40ml SKM+40ml sirup jeruk, tambahkan air sampai menjadi 400ml
3-4tetes pewarna kuning

Cara membuat:
1. Rebus adonan kuning, tuang dalam cucing setinggi 1/2 bagian saja. Dinginkan sampai mengeras.
2. Selagi menunggu adonan kuning mengeras, mulailah merebus adonan putih.
3. Keluarkan adonan kuning dari cucing, tata dalam mika bulat. Tuang adonan putih perlahan-lahan di pinggir agar-agar kuning sampai membentuk seperti telur ceplok.
4. Dinginkan, puding telur ceplok siap disajikan.

Membuat puding telur ceplok ini sedikit tricky pada bagian menuang adonan putih. Bila satu kali gagal, tidak masalah dan lebih berhati-hati ketika menuang untuk yang kedua kalinya. Anak-anak Anda pasti akan kaget ketika menyendok puding telur ceplok, wah telur ceploknya ternyata puding!

Membuat bentuk kuning telur
Tuang agar kuning di cucing (cetakan kue talam/kue mangkok, bentuknya mirip mangkok, kecil-kecil, seperti di foto di atas). Cukup isi setengahnya saja. Atau penuh bila ukuran cucing kecil. Biarkan sampai mengeras.




Keluarkan puding bentuk kuning telur
Bila puding bentuk kuning telur sudah mengeras, lepaskan dari cucing. Balikkan di atas mika puding bulat (posisi bawah ada di atas).






Langkah setelah puding bentuk kuning telur dikeluarkan
Setelah semua puding bentuk kuning telur ditata ke dalam wadah mika bening, Anda bisa menaruhnya di atas meja dalam posisi berderet agar mudah untuk melakukan langkah selanjutnya.





Tuang agar-agar putih
Sambil menunggu kuning telurnya mengeras, Anda bisa membuat agar-agar putihnya. Aduk-aduk sampai uap panasnya hilang, agar mika pudingnya tidak rusak. Setelah uap panasnya hilang, masukkan ke gelas ukur yang ada corong agar mudah nuang putih telur. Tuang di pinggir kuning telur pelan-pelan sampai agak penuh, tap ikuning telurnya masih terlihat.


Setelah agar-agar putih juga sudah mengeras, maka puding bentuk telur ceplok yang Anda buat sudah jadi dan siap disajikan untuk keluarga tercinta. Anda bisa menyimpannya ke dalam lemari es bila ingin dimakan lagi keesokan harinya.
Oleh : Puji Rahayu - nandangwuyung.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.