Lima Makanan Penguat Ketahanan Tubuh

KAYUAGUNG RADIO - Dalam setahun, setiap orang rata-rata menderita demam sebanyak empat kali. Jika Anda mengalami demam dan flu lebih dari jumlah itu, artinya daya tahan tubuh Anda dalam tingkat yang sangat rendah.
Bisa saja hal ini membuat pikiran tergganggu. Pola makan yang tepat akan membantu memperbaikinya. Apa saja bahan makanan yang bisa menaikkan daya tahan tubuh dan menghalau stres?
Berikut daftar makanan tersebut sebagaimana dilansir majalah Good Housekeeping Indonesia:

Jamur
Kandungan dalam jamur, terutama di jamur shiitake dan oyster, akan menaikkan sel-sel pembasmi virus di dalam tubuh. Mengonsumsi jamur setiap hari akan menaikkan daya tahan tubuh sampai 50 persen.

Daging Kalkun
Unggas yang satu ini mengandung enzym tryptophan yang setelah dikonsumsi akan berubah menjadi serotonin hormon yang memberi rasa senang. Saat kadar serotonin dalam darah tinggi, segala sesuatu terasa lebih 'ringan'.

Tomat
Kandungan antioksidan yang luar biasa di dalam sebuah tomat bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Mengonsumsi hidangan yang mengandung banyak tomat selama tiga minggu akan mengatasi kerusakan sel hingga 38 persen.

Kacang Almond
Bakteri probiotik banyak hidup di saluran pencernaan. Bakteri baik ini termasuk yang menjaga daya tahan tubuh tetap tinggi. Mereka hidup dengan pasokan lemak tak jenuh yang ada dalam kacang-kacangan. Ayo, masukkan almond dalam olahan masakan.

Paprika Merah dan Paprika Hijau
Dua sayuran ini mengandung vitamin C dosis tinggi. Selain bisa menurunkan kadar stres dengan cepat, vitamin C juga menaikkan daya tahan tubuh.
Oleh : Good Housekeeping
(c) ghiboo.com
 
Diberdayakan oleh Blogger.