Sumsel Percontohan Penelitian Perikanan Internasional

KAYUAGUNG RADIO - Sumatera Selatan bakal menjadi percontohan pusat penelitian perikanan International berstandar Internional di Indonesia. Kepastian ini setelah disetujuinya Pembangunan sarana dan prasarananya di Sumatera Selatan. Pada pahun 2013 juga Pemerintah provinsi Sumatra Selatan akan  merealisasikan pembangunan Pusat penelitian ikan Perairan umum daratan.
Pembangunan pusat penilitian  meliputi gedung 5 tingkat beserta perlengkapan dan sepenuhnya berasal dari APBN dengan rincian dana pada tahun ini 18 Milyar tahun 2013 dan tahun depan akan disalurkan sebesar 100 Milyar rupiah.
Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumsel Sri Dewi Titi Sari mengatakan realisasi ini membuktikan kepiawaian Gubernur Sumatera Selatan H. Alex Noerdin dalam melobi pemerintah pusat apalagi pembangunan ini sifatnya Internasional dan akan diresmikan langsung oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono.
Dia mengatakan pada dasarnya program pengembangan ikan ini merupakan program internasional yang berpusat di Thailand, namun besarnya potensi yang ada membuat Indonesia dipercaya sebagai pusat penelitian perairan umum. Pemerintah pusat mempercayakan pembangunan sentra penelitian ini di wilayah Sumsel dengan berbagai pertimbangan ditambah dengan backup penuh dari pemerintah provinsi Sumsel sendiri.
Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk lokasi sendiri, Pemprov Sumsel menyediakan lokasi pembangunan gedungnya di belakang Bank Sumsel Babel di Jakabaring. "Ini termasuk yang terbesar, melalui sentra penelitian ini diharapkan ikan asli sumsel bisa terus
ada dan berkembang secara alami atau restocking agar tidak punah termasuk perkembangan ikan budidaya,” katanya.
Saat ini, Sumsel menjadi daerah dengan produksi Patin terbesar di wilayah Indonesia dan produksi patin yang terbesar, 52% produksi patin ada di Sumsel. Sementara itu, Kabid Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumsel, Ahmad Fuad menambahkan bahwa saat ini memang terdapat kendala dalam mencapai target yakni masih banyaknya masyarakat di Sumsel yang belum mempercayai bibit yang di produksi oleh peternak ikan
lokal. Kendati demikian  sangat optimis target produksi ikan tahun ini akan meningkat kedepannya,” terangnya.





 Humas Pemprov Sumsel





Diberdayakan oleh Blogger.