Menteri Kesehatan RI, Resmikan Paviliun RSUD dr HM Rabain Muaraenim

KAYUAGUNG RADIO - Pujian spontan tertuju langsung ke Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin dari mulut Menkes (Menteri Kesehatan) RI Nafsiah Mboi Srikandi saat menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Gedung Rawat Inap Kelas 3 RSUD dr HM Rabain Muaraenim, Sabtu (6/4).

‘’Masyarakat Sumsel, khususnya di Muaraenim harus bersyukur mempunyai Gubernur sepeti Alex Noerdin. Karena beliau bisa dengan cepat menghitung untuk kepentingan dan kemajuan rakyat serta mampu lebih dekat dengan rakyat,’’ ujar Nafsiah, apa adanya menilai sosok Alex dalam acara tersebut.

Apa ini kampanye? ‘’Tidak, ini fakta. Saya juga tidak memiliki hubungan apapun selama ini dengan beliau dan saya juga bukan tim sukses beliau. Tapi inilah kenyataannya. Jadi masyarakat di Sumsel harus bersyukur mempunyai Gubernur seperti Alex Noerdin,’’ tegas Nafsiah ditemani Menkokesra RI, Agung Laksano yang turut hadir pada acara tersebut.

Sedangkan Alex Noerdin mengatakan bahwa visi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan adalah menjadikan masyarakat Sumsel sejahtera dan terdepan, cerdas dan berbudaya. ‘’Karena itu untuk mewujudkan visi ini, Pemprov Sumsel telah menjamin pelayanan kesehatan berkualitas dan terjangkau bagi seluruh masyarakat Sumsel melalui Jaminan Sosial Kesehatan Sumsel Semesta (Jamsoskes Sumsel Semesta),’’ ujar Alex.

Diharapkan, dengan diresmikannya gedung Vapiliun yang baru RSUD HM Rabain, maka akan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat khususnya di Kab Muaraenim. ‘’Sebab rumah sakit mempunyai peran yang amat besar dalam pengobatan dan pemulihan pasien serta mempunyai fungsi sosial dimana pasien yang tidak mampu tetap pun dilayani sebagaimana mestinya,’’ ingat Gubernur.

Alex juga menambahkan, selain kesehatan gratis dan pelayanannya yang terus ditingkatkan, sejak tahun 2008 Pemprov Sumsel juga telah menjalankan program sekolah gratis bagi seluruh masyarakat di Prov Sumsel. "Tidak hanya baru berjanji namun sudah terbukti. Bahkan Insya Allah 4 sampai 5 tahun lagi saat APBD Sumsel mencapai Rp 15 triliun, maka sekolah gratis akan sampai ke tingkat perguruan tinggi,’’ tegas Alex.

Kepada dua menteri, atas nama warga Sumsel Gubernur mengharapkan bantuan untuk 10 rumah sakit pratama. ‘’Tiga rumah sakit itu nantinya akan diberikan bagi daerah pemekaran yakni Kabupaten PALI dan Musirawas Utara, serta Kabupaten Muaraenim. Dan sisanya akan kami sebar ke seluruh Provinsi Sumsel demi pemerataan kesehatan. Pencanangan rumah sakit pratama ini akan kita lakukan setiap tahun dimulai tahun 2014 dengan 10 rumah sakit pratama, lalu tahun berikutnya meningkat menjadi 20 rumah sakit lagi,’’ tandas Alex.

Sementara itu, Menkokesra RI Agung Laksono mengatakan pelayanan kesehatan seperti rumah sakit yang berkualitas memang sangat dibutuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat. ‘’Oleh karena itu pemerintah pusat akan terus memenuhi kekurangan-kekurangan rumah sakit di seluruh Indonesia tanpa terkecuali di Sumsel demi menunjang kesejahteraan rakyat. Dan untuk program Gubernur Sumsel yaitu ingin menjadikan seluruh rumah sakit di Sumsel sebagai rumah sakit yang berkualitas tentu akan kami dukung,’’ ujar Agung.

Selain melakukan peletakan batu pertama pembangunan ruang inap RSUD HM Rabain Muaraenim, Gubernur bersama dua Menteri RI itu dan didampingi Bupati Muaraenim H. Muzakir Sai Sohar juga meninjau Pelayanan KB dan Ruang ASI Ekslusif serta menyerahkan CSR PRaT dari PT. Bukit Asam Persero Tbk di Puskesmas PONED PKM Tanjung Enim. Sebelum kunjungan dilakukan, Gubernur melakukan penandatanganan prasasti peresmian Gedung Baru RSUD Dr HM Rabain Muaraenim disaksikan Menko Kesra Agung Laksono dan Menteri Kesehatan dr Nafsiah Mboi. 
(foto: agus)
 Humas Pemprov Sumsel 

 
Diberdayakan oleh Blogger.