Makan Ikan Bisa Bikin Panjang Umur?

KAYUAGUNG RADIO - Orang berusia 65 tahun ke atas yang mengonsumsi ikan ditengarai isa hidup dua tahun lebih lama dibanding mereka yang tidak makan ikan. Hal ini disebabkan oleh asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan laut, ungkap penelitian di Amerika Serikat.

Orang yang mengonsumsi lebih banyak asupan asam lemak omega-3 juga memiliki risiko kematian 27 persen lebih rendah, dan berisiko meninggal karena penyakit jantung 35 persen lebih rendah dibanding orang dengan asupan asam lemak omega-3 lebih rendah.

Hasil tersebut ditemukan oleh peneliti di harvard School of Public health dan diterbitkan dalam jurnal Annals of Internal Medicine. Sementara penelitian lain mengamati kaitan antara asam lemak omega-3 dengan penyakit jantung, penelitian ini menunjukkan adanya kaitan antara asam lemak omega-3 dengan risiko kematian.

Dalam penelitian ini, ilmuwan mengamati data 2.700 orang Amerika Serikat berusia di atas 65 tahun. Mereka menghitung asupan minyak ikan yang dikonsumsi para partisipan selama 16 tahun, tidak termasuk minyak ikan yang berbentuk suplemen.

"Penelitian ini mendukung pentingnya kadar omega-3 dalam darah untuk kesehatan kardiovaskular. Omega-3 bisa sangat bermanfaat untuk memperpanjang usia," ungkap ketua peneliti Dariush Mozaffarian dari Department of Epidemology di harvard School of Public Health, seperti dilansir oleh NY Daily News (02/04).

Kebanyakan orang mendapatkan asam lemak omega-3 melalui ikan seperti salmon, tuna, halibut, sarden, herring, dan makarel. Orang yang memiliki kadar asam lemak omega-3 tinggi dalam darahnya diketahui bisa hidup 2,2 tahun lebih lama dibanding mereka dengan kadar omega-3 rendah.




Sumber : merdeka.com
Diberdayakan oleh Blogger.