Hasil Bumi Melimpah, Warga Lempuing Gelar Selamatan Bumi

KAYUAGUNG RADIO - Guna mensyukuri segala nikmat yang diberikan Tuhan Yang Maha  Esa kepada Bumi Lempuing, masyarakat Lempuing laksanakan selamatan bumi. Rasa syukur ini mereka wujudkan dengan melakukan pemotongan tumpeng bersama yang  diawali oleh Bupati OKI. "Lempuing merupakan salah satu kecamatan terbaik di Bumi Bende Seguguk ini, lumbung  pangan OKI, dan penopang pangan Sumatera Selatan Dan masyarakat ya hidup Makmur. Oleh karenanya kita harus bersyukur atas segala nikmat ini" Ujar Bupati OKI yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Sekda OKI, Ir. Ruslan Bahri, MT pada acara Selamatan Bumi, Peresmian Koperasi Mitra Tani Mandiri, serta temu wicara antar kelompok Tani sekecamatan Lempuing di desa Bumi Agung Kecamatan Lempuing, Senin (9/7/2012).

Camat Lempuing, Hendri, SH, MM mengatakan kesejahteraan masyarakat Lempuing tidak terlepas dari perhatian Pemkab. OKI kepada Kecamatan Lempuing. "Terimakasih kepada Bapak Bupati yang terus memberikan perhatian kepada Kecamatan Lempuing dan Kecamatan lainnya di Kabupaten OKI ini. Untuk tahun ini anggaran pembangunan di Kecamatan Lempuing meningkat menjadi 12 Milyar  yang mana tahun kemarin sebesar 9 Milyar, wujudnya dalam bentuk  pembangunan dan peningkatan jalan- jalan di Kecamatan Lempuing ini" kata Hendri.

Wijayanto Ketua Koperasi Mitra Tani Mandiri, mengatakan koperasi yang diresmikan ini berdiri sejak tahun 1996 dan saat ini Koperasi yang bergerak pada usaha simpinjam ini memiliki anggota sebanyak 170 orang. "Alhamdulilah kita dapat menyelesaikan pembangunan gedung koperasi yang dibangun pada tahun 2011 ini. dengan Anggota 170 orang, Koperasi ini bergerak pada usaha simpan pinjam dan omset yang kita miliki sekarang lebih dari satu Milyar" Ujar Wijayanto.

Untuk meningkatkan hasil pertanian dan menjaga stabilitas harga pangan, pada saat temu wicara, kelompok tani se Kecamatan Lempuing meminta untuk dibangunkan gudang Dolog di Kecamatan Lempuing serta dipercepatnya pembangunan Irigasi Upper Komering. Dikatakan Sekda, dengan semakin meningkatnya hasil pertanian di Kecamatan Lempuing memang sangat diperlukan Gudang Dolog. Dikatakan Ruslan dalam waktu dekat pihaknya akan membicarakan hal ini dengan Bulog OKI. Sedangkan pembangunan Irigasi memang sudah menjadi program Bupati OKI "Pak Bupati terus mengupayakan percepatan pembangunan Irigasi Upper Komering ini.Alhamdulilah berkat upaya beliau doa kita semua Insya Allah tahun 2013 ini pembangunan Irigasi ini akan dimulai karena untuk pembebasan lahan secara bertahap telah dilaksanakan. Beberapa waktu yang lalu contohnya.  Ganti rugi lahan milik masyarakat 10 Desa Dikecamatan Lempuing ini yang terkena lokasi pembangunan irigasi teknis,  sudah dibayarkan oleh Panitia Pengadaan Tanah dari Bagian Pertanahan Pemerintah Kabuapten OKI, di Kantor Camat Lempuing, bulan Juni yang lalu.
 
“Pembayaran gantirugi untuk 200 orang selaku pemilik tanah di desa Bumi Agung sudah dibayarkan, di Kantor Camat Lempuing,  untuk ganti rugi tahap pertama ini kita bayarkan sebanyak Rp 10 Miliar, untuk 150 orang, kita masih mengusulkan tambahan lagi Rp 15 miliar, karena tahap pertama ini ada 200 orang, belum masuk lahan tanam tumbuh,” ujar Ruslan.

"Kemudian untuk pembayaran ganti rugi tahap kedua akan dilakukan pada bulan Juli-Agustus  2012, sementara untuk tahap ketiga akan dibayarkan pada awal Januari –Februari 2013  mengingat target pada tahun 2013 mendatang pembangunan fisik irigasi teknis tersebut sudah rampung dan harus beroperasi"

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa pembangunan irigasi teknis tersebut menggunakan dana hibah Pemerintah Jepang senilai Rp. 400 miliar, Sebelumnya Consulting Engineer Nippon Koei, dari Jepang sudah melakukan survei rencana pembangunan Irigasi Komering di Kecamatan Lempuing Induk. "Dengan adanya irigasi ini tentu bisa membantu  produksi padi di OKI, kalau selama ini sawah tadah hujan hanya bisa ditanami 1-2 kali, jika ada irigasibisa ditanami 2-3 bahkan lebih, dengan demikian hasil panen akan semakin meningkatkan" Pungkas Ruslan

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.