Warga Kayuagung Antusias Sambut Adipura

KAYUAGUNG RADIO - Ribuan masyarakat kota Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan tumpah ruah ke jalan menyambut Piala Adipura yang hari ini Rabu (6/5/2012) diarak mengelilingi Kota Kayuagung. Sejak pagi hari warga memadati jalan-jalan utama yang dilalui oleh arak-arakan untuk menyaksikan secara langsung arak-arak an Adipura. "Kami sangat senang dengan deterimanya piala Adipura. Ini menandakan kota yang kita tinggali ini bersih, nyaman dan tertata" Ujar Robani salah warga yang sedang menunggu arak-arakan. Seperti diberitakan sebelumnya, Kabupaten OKI meraih Piala Adipura untuk yang kelima kalinya dengan predikat yang membanggakan, yaitu kota kecil terbersih di Sumatera dan ketiga secara Nasional. Piala Adipura ini diserahkan langsung oleh Presiden RI pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dirangkai dengan Pencanangan Tahun Badak Nasional di Istana Negara Kemarin Selasa (5/5/2012). Setelah diarak dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dengan melewati jalan-jalan utama kota Palembang,  Piala Adipura  disambut oleh pasukan kuning (petugas kebersihan) di Desa Celikah Kayuagung yang kemudian diarak mengelilingi Kota Kayuagung diantaranya melalui Kelurahan Sukadana, Kelurahan Paku, Kedaton, Perigi dan Finis di Pendopo Kabupatenan. Piala Adipura Selanjutnya diterima oleh Wakil Bupati OKI H. Engga Dewata Zainal, S. Sos. dan ditempatkan bersama empat piala Adipura tahun-tahun sebelumnya.

Arak-arakan Piala Adipura ini dirangkai dengan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tingkat Kabupaten OKI Tahun 2012. Ketua panitia peringatan hari lingkungan hidup se dunia tingkat Kabupaten OKI Herdi Afriansyah, S. STP, MM mengatakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan menjelanh hari lingkungan hidup sedunia di Kabupaten OKI diantaranya mengikuti lomba kota kecil terbersih (Adipura), lomba lukis tingkat SD, SMP, lomba baca puisi tingkat SMP dan SMA dan mengikuti lomba sekolah Adiwiyata Tingkat SD, SMP, SMA. Ditambahkan Camat Kota Kayuagung ini, gerakan aksi dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia, di Kabupaten OKI dilaksanakan penanaman pohon dan pelepasan satwa. H. Ishak Mekki Bupati OKI mengatakan masyarakat OKI patut berbangga atas diperolehnya piala Adipura ini. "Kita patut berbangga karena Adipura  kita terbaik di Sumatera dan nomor tiga secara nasional" Ujar Ishak. Namun dibalik itu menurut Ishak upaya penting yang harus dilakukan yaitu mempertahankan kebersihan dan keindahan kota agar prestasi Adipura pada tahun-tahun mendatang dapat meningkat lagi. Ditambahkan Ishak, dengan terpilihnya Kabupaten OKI sebagai salah satu jaringan kota hijau dunia, Upaya pelestarian lingkungan harus ditingkatkan lagi. "Penananaman pohon yang selama ini kita lakukan harus lebih kita intensifkan lagi. Selain itu pengelolaan sampah harus kita perhatikan benar. kedepan sampah-sampah ini agar dapat menjadi sumber penghasilan masyarakat" Ujar Ishak. Ishak juga tidak lupa mengucapkan terimakasih atas kerja keras semua pihak khususnya petugas kebersihan.

Selain memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, acara ini juga sebagai hiburan bagi masyarakat khususnya para petugas kebersihan. Terlihat pasukan kuning bernyanyi bersama H. Ishak Mekki, Hj. Tartilah dan Undangan lainnya. Kegembiraan ini tidak lain karena 137 orang pahlawan kebersihan ini memperoleh bonus sebesar Rp 350. 000,- dan polis asuransi jiwa selama satu tahun. Farliadi salah seorang petugas kebersihan mengungkapkan kebahagiannya. "Terima kasih kepada Bapak Ishak Mekki karena kami terus diperhatikan. Honor kami lancar dibayar tiap bulan dan Alhamdulilah juga dapat bonus dan asuransi. Terimakasih" Ucapnya seraya bersyukur. Selain itu, pada acara ini  diserahkan juga piagam dan piala kepada pemenang lomba dan piagam ucapan terimakasih kepada pendukung kelestarian lingkungan di Kabupaten OKI yang terdiri dari sekolah-sekolah dan pihak swasta.

H. Engga Dewata dan Hj Tartilah Menghibur para Petugas Kebersihan

H. Ishak Mekki menerima Piala Adipura dari Petugas Kebersihan

H. Ishak Mekki menyerahkan Bonus dan Polis Asuransi Kepada Petugas Kebersihan

H. Tartilah menyerahkan Piala Adipura Kepada Petugas Kebersihan

Warga Kayuagung Antusias Sambut Piala Adipura

Photo bersama Bupati OKI, FKPD OKI, Hj. Tartilah Ishak, Wakil Bupati,
Sekda dan Petugas Kebersihan Kabupaten OKI



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.