Tingkatkan Kesejahteraan Petambak Udang Plasma: Segera Dibangun Jalan Kayuagung- PT Wachyuni Mandira

KAYUAGUNG RADIO - AGAR kehidupan para petambak plasma di PT Wacyuni Mandira menjadi lebih sejahtera, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, membangun sebuah jalan yang menghubungkan desa tempat tinggal para petambak dengan kota Kayuagung.

Selama ini, pendapatan para petambak plasma ini cukup besar. Tapi lantaran tidak ada akses jalan ke Kayuagung, mereka terpaksa belanja kebutuhan pokok ke Lampung. Akibatnya biaya pengeluaran menjadi
tinggi.

“Kami ini mempunyai pendapatan yang lumayan, tapi lantaran kami harus belanja ke Lampung buat membeli kebutuhan pokok membuat pengeluaran kami cukup besar. Kami mengharapkan jalan menuju Kayuagung segera selesai dibangun, sehingga biaya hidup kami dapat ditekan,” kata Jisman, salah satu petambak plasma PT Wachyuni Mandira, kepada Bupati OKI Ishak Mekki, yang menghadiri peringatan Isra Mirad di Desa Bumi Pratama Mandira, Sungai Menang, Kabupaten OKI, Kamis (07/06/2012) sore.

Terhadap keinginan tersebut, Ishak Mekki mengatakan jalan tersebut saat ini tengah dikerjakan, dan diharapkan pada 2013 selesai dibangun.

“Jalan itu saat ini dalam tahap pengerjaan. Insyaallah, mudahan tahun 2013 jalan ini akan dapat digunakan,” kata Ishak.

Ishak juga menjelaskan, dirinya memang ingin membangun atau menghidupkan wilayah pesisir timur Sumatera, terutama yang ada di Kabupaten OKI, yang selama ini nyaris tidak tersentuh pembangunan.
Ishak menjelaskan, saat ini pemerintahannya menjalankan sejumlah pembangunan transportasi seperti jembatan, jalan, yang sebagian sudah dijalankan.

“Bukan hanya pembangunan fisik, saya juga ingin anak-anak di wilayah ini menjadi cerdas, sehingga menjadi SDM yang mampu bersaing atau berguna di masa mendatang. Oleh karena itu, saya akan membangun sebuah
sekolah SMK, yang terkait dengan pertanian dan perikanan di sini,” katanya disambut aplus dari ribuan petambak plasma.

Dikatakan Ishak, lokasi sekolah itu sendiri sudah diberi atau disumbangkan oleh PT Wachyuni Mandira, pihaknya hanya tinggal membangun fisik dan penyediaan tenaga pengajar.

Kedatangan Ishak Mekki ini didamping Wakil Bupati H Engga Dewata Zainal, Ketua TP PKK OKI Hj. Tartilah Ishak, serta unsur muspida Kabupaten OKI lainnya. Kehadiran Ishak Mekki juga dihadiri ribuan para
petambak plasma. Di akhir acara, Paguyuban Sebase E menyatakan dukungannya terhadap Ishak Mekki sebagai Gubernur Sumsel 2013-2018.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.